Home - Pedoman Mahasiswa UBD

Jl. Jenderal A. Yani No. 12 Palembang

Telp. 0711-515679

 

PRAKTEK KERJA (PK)

Praktek Kerja (PK) adalah sebuah kegiatan pada mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang wajib diikuti oleh mahasiswa Universitas Bina Darma. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pembekalan dan pengetahuan mahasiswa secara praktis terhadap penerapan ilmu pengetahuan di dunia kerja. Pada kegiatan ini mahasiwa juga berkewajiban untuk membuat laporan hasil praktek kerja sebagai salah satu bukti dari pengalaman penerapan bidang keahlian terhadap sebuah hasil analisis dalam bidang masing-masing.

 

Beberapa persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini adalah:

1

Telah menempuh minimal 90 sks untuk jenjang Strata Satu (S1) dan minimal 80 sks untuk jenjang Diploma III

2

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.00

3

Telah Lulus Mata Kuliah Metode Penelitian atau Riset Teknologi Informasi (Minimal Nilai C)

 

Adapun kegiatan Praktek Kerja ini terbagi atas 3 (tiga) jenis, yaitu:

1

Kunjungan Industri

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat seperti Instansi Pemerintahan, Perguruan Tinggi, BUMN, BUMD, maupun Perusahaan Swasta baik tingkat lokal, regional, maupun mancanegara. Pada program ini mahasiswa akan dibuat dalam beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan dan seminar hasil.

 

2

Praktek Kerja Mandiri

Kegiatan ini dilaksanakan dimana mahasiswa melakukan praktek kerja secara mandiri perorangan pada suatu tempat penelitian seperti Instansi Pemerintahan, Institusi Pendidikan, BUMN, BUMD, maupun  Perusahan Swasta. Kegiatan ini dapat berupa analisis sesuai dengan bidang ilmu mahasiswa yang bersangkutan, dan selesai kegiatan mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan praktek kerja.

 

3

Praktek Magang

Kegiatan ini dilaksanakan dimana mahasiswa melakukan praktek kerja baik secara mandiri maupun kelompok pada suatu tempat penelitian seperti Instansi Pemerintahan, Institusi Pendidikan, BUMN, BUMD, maupun  Perusahan Swasta. Untuk kegiatan ini, mahasiswa memiliki ikatan kontrak kerja dengan perusahaan atau instansi untuk melaksanakan praktek kerja dalam kurun waktu tertentu (Misalkan 3 bulan). Setelah kegiatan selesai, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan praktek kerja.

 

 

 

 

Kembali >>