Home - Pedoman Mahasiswa UBD

Jl. Jenderal A. Yani No. 12 Palembang

Telp. 0711-515679

 

PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA

Untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan dan mempertinggi daya saing lulusan dalam bidang lapangan kerja, maka perlu adanya batasan minimal kemampuan lulusan Universitas Bina Darma dalam berbahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut:

 

Seluruh mahasiswa Non Studi Bahasa Inggris diwajibkan mengikuti perkuliahan bahasa Inggris di English Language Center (ELC) Universitas Bina Darma;

  1. Untuk mengikuti ujian komprehensif, skor  TOEFL minimal 375, untuk mengambil ijazah skor TOEFL minimal 400, bagi yang belum mencapai skor TOEFL 375 tidak diizinkan mengikuti ujian komprehensif dan kurang dari skor TOEFL minimal 400 harus mengikuti pelatihan bahasa Inggris.
  2. Sertifikat TOEFL yang diakui oleh Universitas Bina Darma adalah yang dikeluarkan oleh:  ELC Universitas Bina Darma, Lembaga Bahasa UNSRI (TOEFL Prediction Test) dan ETS/IIEF (ITP/IBT).

Untuk memperoleh nilai minimal tersebut diatas, mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris di English Language Center (ELC) Universitas Bina Darma, dengan peraturan sebagai berikut:

  1. ELC menyediakan 4 level jenjang perkuliahan;
  2. Leveling ditentukan berdasarkan nilai Placement Test;
  3. Mahasiswa Jenjang Studi Diploma Tiga (D III) yang akan mengikuti Placement Test dan memperoleh skor TOEFL 400 dan mahasiswa Jenjang Studi Strata Satu (S1) memperoleh skor TOEFL 425, TIDAK DIWAJIBKAN mengikuti perkuliahan, yang bersangkutan berada pada WAIVE System dan akan diberikan sertifikat.
  4. Test TOEFL akan selalu diselenggarakan pada AKHR SEMESTER untuk semua level dan skor TOEFL akan dikonversi kenilai sebagai berikut:

-  Skor 425 keatas               =  A
-  Skor 401-424                    =  B
-  Skor 375-400                    =  C