Home - Pedoman Mahasiswa UBD

Jl. Jenderal A. Yani No. 12 Palembang

Telp. 0711-515679

 

Budaya Mutu Universitas Bina Darma

Upaya pengembangannya Universitas Bina Darma harus mengacu kepada nilai-nilai sebagai berikut :

1

Iman dan Taqwa : Agar supaya peningkatan derajat pengetahuan serta pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan umat manusia, maka iman dan taqwa hendaklah menjadi landasan berpikir dan bertindak dari segenap unsur civitas akademik.

2

Unggul : Universitas mempunyai komitmen untuk menjadi yang terunggul dalam setiap aktivitasnya, dengan mengacu kepada standar internasional tertinggi

3

Kepeloporan : Intelektualitas dan kewirausahaan adalah modal dasar bagi upaya pembangunan nasional. Oleh karena itu, Universitas hendaknya menjadi pelopor dalam peningkatan derajat intelektual dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

4

Beretika Tinggi : Universitas mendorong ditumbuhkembangkan nilai-nilai keterbukaan, kejujuran, toleransi, keadilan, demokrasi, sikap ilmiah, penghargaan terhadap perbedaan pendapat dan tanggung jawab dalam pengelolaan dan pengambilan keputusan, serta dalam menjawab permasalahan-permasalahan sosial, moral, maupun akademik.

5

Adaptasi dan Inovasi : Lingkungan dimana Universitas berada secara terus menerus mengalami perubahan, oleh karena itu Universitas tidak hanya harus tanggap terhadap perubahan lingkungan yang terjadi melainkan pula harus peran kepemimpinan yang kreatif dalam mengekplorasi dan mempertimbangkan kemungkinan baru.

6

Mandiri : Universitas harus dilandaskan pada kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri, serta bersendikan pada jiwa kepeloporan dan kewirausahaan.

7

Evaluasi Diri : Universitas berkomitmen untuk secara teratur melakukan evaluasi diri terhadap seluruh kegiatan dan proses, dan berkeyakinan bahwa evaluasi diri merupakan dasar dari tanggung jawab Universitas beserta unit-unit yang ada di dalamnya sebagai sebuah lembaga otonom. Bantuan dari pihak luar untuk membantu obyektifitas dan kredibilitas dari evaluasi tersebut dapat dilakukan bilamana diperlukan.

8

Mendidik: Universitas bertekad untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan keinginannya untuk :

 

a. 

menguasai dengan baik materi kuliah dari program studi dipilihnya, sesuai dengan tingkat dan standar internasional yang dikenal ;

 

b. 

memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk belajar, dan terus belajar sepanjang hayat, dari berbagai sumber dan pengalaman;

 

c. 

menguasai dengan baik materi kuliah dari program studi dipilihnya, sesuai dengan tingkat dan standar internasional yang dikenal ;

 

d. 

menulis dan berbicara dengan jelas, gamblang dan logis ;

 

e. 

berpikir dan bernalar logis dan kreatif ;

 

f. 

mempertanyakan hasil pemikiran yang sudah diterima secara luas, dan terbuka terhadap ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan yang baru ;

 

g. 

mengembangkan pemikiran dan tanggung jawab yang dewasa hal-hal mengenai moral, sosial, realitas, dan akademik; dan

 

h. 

mengembangkan kapasitas kepemimpinan dalam masyarakat.

9

Kerjasama dan Gotong Royong : Cita-cita Universitas harus sesuai dengan cita-cita dan  aspirasi dari civitas akademik dan merupakan hasil kerjasama dari civitas akademik, yang dilakukan secara gotong-royong dan dijiwai oleh semangat kekeluargaan.

10

Non-diskriminasi : Universitas menjunjung tinggi ke-Bhineka Tunggal Ika-an dan memperlakukan warga negara Indonesia dan anggota civitas akademik secara adil, tidak membedakan perlakuan atas dasar agama, suku, warna kulit dan lain-lainnya.

 

 

Kembali >>