Home - Pedoman Mahasiswa UBD

Jl. Jenderal A. Yani No. 12 Palembang

Telp. 0711-515679

 

Batas Studi Mahasiswa

Masa studi mahasiswa tergantung dari Program Studi yang ditempuhnya. Seorang mahasiswa dinyatakan melewati batas waktu studinya apabila tidak memenuhi persyaratan akademik dalam batas masa studi menurut ketentuan yang berlaku yang selanjutnya dinyatakan putus kuliah (Drop Out). Untuk dapat menyelesaikan suatu jenjang program Diploma I, Diploma III maupun Strata 1 (S1) disediakan waktu studi tertentu.

 

1

Evaluasi Keberhasilan Studi Tahun Pertama

Pada akhir tahun pertama terhitung mulai mahasiswa terdaftar pada Universitas Bina Darma, hasil studi mahasiswa dapat menentukan apakah ia dapat melanjutkan studi atau harus meninggalkan studi di Universitas Bina Darma. Seorang mahasiswa diperkenankan melanjutkan studi di Universitas Bina Darma apabila memenuhi syarat-syarat  :

a. Telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 30 sks dalam satu tahun.

b. Mencapai indeks prestasi kumulatif minimal  = 1.50 dalam satu tahun.

2

Evaluasi Studi Keberhasilan Studi Tahun Kedua

Pada akhir tahun kedua mahasiswa diwajibkan memenuhi syarat-syarat  :

a. Telah mengumpukan sekurang-kurangnya empat semester  60 sks dalam 2 (dua) tahun

b. Mencapai indeks prestasi kumulatif  minimal = 1.75

3

Melampaui batas studi maksimal, yaitu  :

a. 8 Semester (4 tahun) untuk jenjang S-2

b. 14 Semester (7 tahun) untuk jenjang S-1
c. 10 Semester (5 tahun) untuk jenjang D.III
d.  3 Semester (1.5 tahun) untuk jenjang D.I

Mahasiswa yang telah melampui batas studinya masih dapat menyelesaikan  studinya dan diberikan perpanjangan waktu studi otomatis selama dua semester atau satu tahun.

4

Cuti Akademik

Cuti akademik tidak diperhitungkan dalam perhitungan waktu studi. Cuti akademik dapat diambil oleh mahasiswa dengan syarat (1) gangguan kesehatan/sakit dalam waktu yang lama, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan proses pembelajar an, (2) cuti melahirkan, (3) berdomisili di suatu tempat yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan proses pembelajaran, (4) alasan-alasan lain yang dapat diterima oleh Pimpinan

 

 

Kembali >>